Entri Populer

Selasa, 14 Juni 2011

JENIS AYAM BERDASARKAN WARNA BULU

Seperti yang kita ketahui variasi warna bulu pada ayam sangatlah bermacam-macam. Namun pada dasarnya warna bulu-bulu tersebut diklasifiksikan sebagai berikut:

Berikut adalah beberapa nama ayam berdasarkan corak dan warna bulunya:

1.WIRING



Bulu ayam yang sering kita jumpai adalah warna wiring. Corak warna ini adalah terdiri dari warna dasar hitam dengan bulu rawis leher dan rawis ekor berwarna kuning kemerahan. Jika warna rawis yang dominan adalah kuning keemasan, maka disebut sebagai WIRING KUNING. Jika warna rawis cenderung merah tua kecoklatan disebut WIRING GALIH.dan WIRING PUTIH bagi ayam yang rawisnya putih-perak.
2.WIDO




Warna dasar bulu ayam hitam dengan warna kehijauan, bulu rawis kuning keemasan. Sekilas mirip WIRING KUNING.Bahkan beberapa orang menganggap sama. 

3.WANGKAS


Berbeda dengan wiring yang memiliki warna dasar hitam, ayam wangkas memiliki warna dasar yang hampir sama dengan rawisnya yaitu kuning kemerahan. Jika warna bulu cenderung kuning keemasan disebut WANGKAS EMAS dan jika warna lebih gelap kemerahan disebut dengan WANGKAS GENI.

4.KLAWU



Warna klawu memiliki warna dasar abu-abu. Jika rawisnya berwarna gelap atau abu-abu kehitaman disebut dengan KLAWU KETHEK dan jika rawisnya berwarna kuning kemerahan disebut KLAWU GENI.

5.BLOROK

blorok brang telon

Warna blorok adalah kondisi ketika bulu ayam berwarna totol-totol dan merupakan kumpulan dari berbagai warna. Warna blorok yang sederhana biasanya hanya terdiri dari warna dasar putih bertotol hitam(hanya terdiri 2 warna dasar) dengan rawis berwarna merah, putih, kuning, atau hitam bahkan rawis blorok.Ada juga warna blorok 3 warna dasar yang disebut BLOROK BRANG TELON.Namun warna blorok akan dianggap istimewa jika kombinasi warna dasarnya lengkap, yaitu putih, hitam, merah dan hijau dengan rawis putih kemerahan. Warna ini disebut dengan BLOROK MADU.

6.KOPI PECAH



Nama kopi pecah diambil berdasarkan warna bulu ayam yang mirip bentuk kopi.Ciri-ciri warna bulu ini adalah warna tulang bulu berdeda dengan warna bulu itu sendiri. Yang paling sering kita jumpai adalah warna dasar bulu hitam dengan tulang bulu coklat atau putih, atau warna dasar bulu putih/kuning dengan tulang bulu berwarna hitam dan sebaginya.Kadang-kadang sekilas warna ini mirip dengan lurik atau blirik.


7.lURIK atau BLIRIK



Warna bulu pada ayam ini memiliki 2 warna yang berpola seperti ayam hutan hijau yang betina. Biasanya Warna lurik yang sering kita temui lurik hitam-coklat,lurik putih-hitam, lurik kuning-hitam.

8.JRAGEM




Warna ini adalah warna hitam, berikut rawisnya. Jika kulit tubuh, paruh, mata serta sisiknya hitam semua, disebut warna CEMANI. Warna ini biasanya terjadi bila ada garis keturunan yang bersilangan dengan ayam kampung jenis Cemani.

9.JALI


Warna jali adalah warna blirik yang merupakan campuran beberapa warna tapi dalam noktah atau garis-garis kecil. Ini berbeda dengan blorok yang cenderung berpola totol. 

10.TULAK



ayam tulak adalah ayam yang mempunyai warna dasar bulu putih dengan satu bercak warna gelap, biasanya waran coklat atau hitam. TULAK HITAM, warna dasar putih dengan bercak hitam dan yang berwarna coklat bernama TULAK COKLAT

11.PUTIH



Ayam  dianggap berbulu PUTIH SETA bila ayam tersebut berbulu putih semua baik warna dasar maupun rawisnya. Beberapa ayam jenis ini ada juga yang memiliki rawis warna lain tetapi warna dasarnya adalah putih.

Berbeda daerah mungkin berbeda cara penyebutan nama.Dan karena warna dan jenis ayam terus muncul tiap harinya akibat dari hasil kawin silang, penggolongan ayam tersebut bisa dilihat dari warna dominan dari ayam tersebut atau penggabungan kedua nama.Contoh pada gambar ini:

dari bulu rawis pada bagian leher terlihat kalau ayam ini adalah wiring kuning/wido namun pada bagian rawis ekor berwarna merah(Wiring galih. Jadi ayam ini bisa disebut Wiring kuning galih.
note.
  1. rawis: bulu rumbai yang tumbuh dibagian leher dan ekor
  2. geni: api dalam bahasa jawa
  3. klawu: abu-abu dalam bahasa jawa
  4. kethek: monyet dalam bahasa jawa.


5 komentar:

  1. Saya mencari ayam tulaak.klo ada hub +85293039664

    BalasHapus
  2. Saya cri ayam kt tulak putih di punggungnya ada hitam ya kalo ada hub 085314549055

    BalasHapus
  3. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang Ayam Bangkok Ekor Panjang yang banyak menjadi perbincangan hangat sesama pecinta adu Ayam Bangkok. Setiap Ayam Aduan pasti memiliki kelebihan masing-masing dan kelemahannya.

    Berikut beberapa penjelasan tentang Ayam Bangkok Ekor Panjang, mulai dari ciri-cirinya, Kelebihan dari Ayam Bangkok Ekor Panjang dan Kelemahannya. Kelebihan Ayam Bangkok Ekor Panjang Dan Kelemahannya

    BalasHapus